Patah Kemudi Dan Nyaris Tenggelam, Kapal Berpenumpang 6 Nelayan Diselamatkan Petugas Bea Cukai

12 Juni 2017  |  10:20 WIB
Share this post :

Maumere – Petugas Bea Cukai berhasil melakukan aksi penyelamatan sebuah kapal nelayan yang mengalami kerusakan dan nyaris tenggelam di perairan Maumere, Nusa Tenggara Timur. Sekitar pukul 03.30 WITA, kapal patroli Bea Cukai BC 8004 berhasil menyelamatkan 6 nelayan yang berada di kapal tersebut. Kapal nelayan rute Pulau Sukun menuju Maumere itu mengalami patah pada bagian as kemudi.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB, dan NTT, Syarif Hidayat menuturkan bahwa setelah mendapat laporan dari keluarga salah seorang nelayan pada pukul 24.00 WITA, didampingi oleh Kepolisian dan Badan SAR setempat, Kapal BC 8004 berangkat untuk menyelamatkan kapal nelayan tersebut. “Kendati kapal BC 8004 sedang mengalami kerusakan di mana salah satu generatornya tidak berfungsi, petugas kami berangkat untuk melakukan penyelamatan setelah mempertimbangkan lokasi yang tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 35 nautical mil,” ungkap Syarif.

Saat diselamatkan kondisi para nelayan tampak mengenaskan akibat 12 jam terombang-ambing di tengah lautan. “Keenam nelayan tersebut mengalami dehidrasi akibat cukup lama terombang-ambing di tengah laut, petugas kemudian mengevakuasi para korban dan saat ini telah dibawa ke Rumah Sakit Maumere untuk dirawat,” jelas Syarif.

Streaming Now

BC TV
Loading the player ...
BC Radio