Penerimaan Lewati Target 2017, Menkeu Apresiasi Ditjen Bea Cukai

01 Januari 2018  |  23:50 WIB
Share this post :
Penerimaan Lewati Target 2017, Menkeu Apresiasi Ditjen Bea Cukai

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi kinerja penerimaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang telah melampaui target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan  2017 senilai Rp189,1 triliun.

Menkeu menjelaskan prestasi tersebut mengakhiri tren buruk atau paceklik penerimaan DJBC selama 3 tahun terakhir.

"Selamat atas prestasi ini, DJBC berhasil melampaui target penerimaan bea dan cukai di atas 100%," kata Sri Mulyani dalam tulisan di akun media sosialnya yang dikutip Bisnis pada Senin (1/1/2018).

Prestasi DJBC, menurut dia, dibarengi dengan praktik penertiban importit berongan dan pemberantasan cukai ilegal. Menkeu paham, tugas tersebut tak mudah. Oleh karena itu, dia meminta komitmen DJBC tetap mempertahankan wilayah kepabeanan Tanah Air.

"Saya minta komitmen dan upaya tak kenal lelah, pantang mundur dari jajaran DJBC menjaga daerah pabean Indonesia dari kejahatan cukai dan kepabeanan," tambahnya.

Meski demikian, Sri Mulyani tetap meminta otoritas kepabeanan memperbaiki pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat luas. "Tunjukkan dan buktikan legal dan patuh adalah mudah," ungkapnya.

Ditjen Bea dan Cukai mengakhiri tren negatif penerimaan, setelah mencatatkan penerimaan yang melampaui target APBN-P 2017 senilai Rp189,1 triliun. Hingga Kamis (28/12/2017), realisasi penerimaan mencapai Rp189,36 triliun atau 100,12% dari target.

Streaming Now

BC TV
Loading the player ...
BC Radio