Bea Cukai Malang Tegah Dua Belas Ribu Batang Rokok Ilegal

05 April 2018  |  16:04 WIB
Share this post :

Malang (05/04/2018) – Pasar adalah “pusat jala pumpunan ikan”, yang berarti bahwa pasar merupakan pusat perdagangan. Di dalamnya beraneka ragam barang diperdagangkan, mulai dari sembako, peralatan rumah tangga, dan tak ketinggalan rokok. Oleh sebab itu, pasar-pasar di wilayah Malang raya menjadin salah satu titik fokus pengawasan Bea Cukai Malang yang mana pelaksanaan pengawasannya biasa disebut dengan istilah operasi pasar.

Operasi pasar kali ini mengawali kegiatan Operasi Gempur yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia sesuai instruksi dari Direktur Jenderal Bea dan Cukai. Operasi gempur merupakan salah satu dari beberapa upaya menekan peredaran rokok ilegal. Upaya-upaya tersebut demi mewujudkan harapan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang menargetkan hasil survei peredaran rokok ilegal di Indonesia turun dari yang semula 12,14% menjadi 6%.

Rabu pagi (28/03) tepatnya pukul 10.00 WIB, petugas Bea Cukai Malang melaksanakan operasi di Pasar Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dalam aksinya, petugas berhasil menegah 737 bungkus atau setara 12.280 batang rokok ilegal dengan kriteria tanpa dilekati pita cukai. Selanjutnya seluruh barang bukti tersebut dibawa ke kantor untuk diproses sampai dengan dimusnahkan.

“Kami kembali mengajak masyarakat untuk peduli terhadap negara kita maupun kepada sesama kita dengan tidak menerima dan menjual rokok ilegal. Bea dan Cukai akan mengenakan sanksi tegas terhadap pelaku sebagaimana disebutkan pada pasal 56 Undang-Undang Cukai nomor 39 Tahun 2007 bahwa setiap orang yang menimbun, menyimpan, memiliki, menjual, menukar, memperoleh, atau memberikan barang kena cukai yang diketahuinya atau patut harus diduganya berasal dari tindak pidana berdasarkan undang-undang ini dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun dan pidana denda paling sedikit 2 kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar,” tegas Kepala Kantor Bea Cukai Malang, Rudy H. K.

Streaming Now

BC TV
Loading the player ...
BC Radio