Sinergi Bea Cukai Tual Bersama Pangdam XVI Pattimura dan Bupati Maluku Tenggara

13 Agustus 2019  |  13:45 WIB
Share this post :
Sinergi Bea Cukai Tual Bersama Pangdam XVI Pattimura dan Bupati Maluku Tenggara

Langgur (13/08/2019) – Bea Cukai sebagai instansi garda depan yang menjalankan tugasnya dalam pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai, komit memberikan kepastian dan rasa aman kepada masyarakat guna memenuhi harapan dan memperoleh kepercayaan tinggi dari masyarakat.

Dalam melaksanakan tugas ini, Bea Cukai membutuhkan semangat yang tinggi, konsistensi, dan dukungan yang kuat dari berbagai kalangan.

Koordinasi dan dukungan yang telah berjalan baik selama ini dengan instansi pusat dan daerah, juga para penegak hukum, semakin memacu Bea Cukai untuk bekerja sama dalam mewujudkan perekonomian Indonesia yang bersih dan sehat guna peningkatan kesejahteraan rakyat.

Hal ini pula yang memacu Bea Cukai Tual untuk menjalin sinergi dengan semua instansi pemerintah, baik TNI, Polri, Imigrasi, Pemerintah Daerah Kabupaten Malra, Pemerintah Daerah Kota Tual, dan instansi lainnya.

Dalam rangka memperkuat kerja sama yang telah ada, Plh. Kepala Kantor Bea Cukai Tual Suasmadi, yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, mengajak Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun dan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufik melakukan uji ketangguhan Kapal Patroli Srikandi Bea Cukai Tual BC 15011 di perairan Kepulauan Kei, pada Rabu (07/08).

Bea Cukai Tual memandang tiap-tiap instansi penegak hukum melaksanakan tugas dan fungsi yang kompleks sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam dasar hukumnya masing-masing.

Bahwa dalam kaitannya dalam melakukan upaya perbaikan sistem penegakan hukum, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk kerja sama antarinstansi, di antaranya pelaksanaan penegakan hukum oleh masing-masing instansi sesuai dengan kewenangannya secara baik dan konsisten dengan tetap tidak bersikap acuh terhadap dugaan pelanggaran lain yang diketahui pada saat bertugas, dan mendorong terciptanya sinergi dan koordinasi serta menjaga level of confidence dan level of trust di antara sesama instansi penegak hukum di laut.

“Melalui kegiatan ini kami berharap upaya sinergi bersama TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah dapat terus ditingkatkan, dan tentunya akan memudahkan tugas Bea Cukai Tual dalam mengamankan wilayah kepulauan Maluku yang sangat luas ini,” ujar Suasmadi.

Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufik menyampaikan bahwa sinergitas Bea Cukai dengan TNI sangatlah penting dan telah berjalan dengan baik, “Ini kami buktikan dengan sinergi yang kami jalin pada kesempatan kunjungan kali ini. Bersama Bea Cukai, kami akan menjaga kedaulatan NKRI, menegakkan seluruh aturan yang ada. Seluruh jajaran TNI yang ada di daerah-daerah seperti Koramil dan jajarannya dapat bersinergi membantu Bea Cukai dalam melaksanakan tugas pengawasan.”

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa sinergitas Bea Cukai Tual dengan pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara telah berjalan sangat baik terutama pada kegiatan event "Wonderful Sail 2019" di Debut Maluku Tenggara kemarin.

Bea Cukai Tual telah membuktikan dengan menjalin kerjasama sinergi yang luar biasa sehingga pelaksanaan wonderful sail dapat berjalan dengan lancar.

Bapak Bupati juga memberikan apresiasi kepada Kepala Kantor Bea Cukai Tual dan jajarannya yang pada kesempatan ini bersama-sama menjalin sinergi memantau wilayah-wilayah di bawah pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara.