Dalam Dua Hari, Bea Cukai Salurkan Sembako di Tiga Kota di Pulau Sumatera

28 April 2020  |  15:56 WIB
Share this post :
Dalam Dua Hari, Bea Cukai Salurkan Sembako di Tiga Kota di Pulau Sumatera

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia secara tidak langsung telah memberikan dampak ekonomi yang luar biasa kepada masyarakat.

Hal ini melatarbelakangi aksi kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di seluruh negeri untuk menggelar kegiatan sosial berupa pembagian sembako ke masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19.

Tiga kota di Pulau Sumatera menjadi sasaran lokasi donasi yang selain bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh pandemi, kegiatan ini juga untuk meneruskan semangat kesatuan bangsa agar saling menguatkan di tengah kesulitan.

Pekanbaru tercatat menjadi kota pertama pemberian donasi, ketika Bea Cukai Pekanbaru bersama Kanwil Bea Cukai Riau menyalurkan sumbangan sembako ke masyarakat.

Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Pekanbaru, Prijo Andono, kegiatan ini disambut hangat oleh masyarakat apalagi bagi mereka yang benar-benar membutuhkannya, apalagi di Kota Pekanbaru termasuk kota di Indonesia yang melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Mungkin kami tidak bisa memberi banyak, tapi setidaknya dengan adanya bantuan ini dapat mengurangi beban saudara kita yang membutuhkan. Semoga pandemi COVID-19 ini segera mereda sehingga masyarakat dapat kembali ke aktivitas biasanya,” ujar Priyo.

Di hari yang sama, Kanwil Bea Cukai Aceh juga membagikan donasi berupa 86 paket sembako untuk pekerja harian dan masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di kota Banda Aceh dan sekitarnya.

Menurut Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh, Safuadi, penyerahan donasi sembako ini dibagi menjadi dua tahap. “Tahap pertama sebanyak 40 paket sembako telah didistribusikan pada Minggu (12/04) lalu untuk masyarakat sekitar Rumah Dinas Kanwil Bea Cukai Aceh di Desa Santan, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Di tahap kedua, sebanyak 46 paket sembako didistribusikan bekerja sama dengan Human Initiative Aceh pada Kamis (23/04) untuk masyarakat di beberapa titik di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar yakni Ilie, Kota Baru, Ateuk Jawo, Peuniti, Batoh dan Cot Suruy,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan donasi sembako ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari para pegawai Kanwil Bea Cukai Aceh. “Semoga paket sembako yang kami distribusikan dapat meringankan beban ekonomi para pekerja harian dan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 ini,” harap Safuadi.

Berselang satu hari, tepatnya pada Jumat (24/04), Jambi menjadi kota ketiga lokasi pembagian sembako di Pulau Sumatera oleh Bea Cukai. Melalui penyelenggaraan kegiatan sosial bertajuk ‘Bea Cukai Jambi Berbagi Dua Ton Beras’, para pegawai Bea Cukai Jambi membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Sasarannya adalah petugas kebersihan dan kemanan serta masyarakat yang berdomisili di sekitar lingkungan kantor di sekitar lingkungan Kantor, Pasar Angso Duo Jambi, Pelabuhan Pasir, Telanaipura, lingkungan Hj. Kamil, serta daerah Kantor Bantu Kuala Tungkal dan Muara Sabak.

“Tercatat, total paket yang dibagikan yaitu sekitar 435 paket. Sasaran utama dalam pembagian sembako ini adalah masyarakat yang masih harus bekerja ditengah pandemi COVID-19, seperti pedagang keliling, petugas kebersihan, tukang parkir, dan sebagainya,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, Ardiyatno.