Importasi Bantuan Alat Kesehatan Terus Difasilitasi, Menteri Pertahanan Prabowo Berikan Apresiasi

15 Mei 2020  |  15:09 WIB
Share this post :
Importasi Bantuan Alat Kesehatan Terus Difasilitasi, Menteri Pertahanan Prabowo Berikan Apresiasi

Bisnis.com, BANTEN - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pertahanan, kembali menerima bantuan alat kesehatan untung penanganan Covid-19 yang diimpor dari Republik Rakyat Tiongkok, pada hari Selasa (12/05) di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto secara langsung menghadiri seremoni penyerahan bantuan alat kesehatan yang diserahkan oleh Xiao Qian selaku Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia. Xiao Qian menyatakan bahwa penyerahan alat bantuan kesehatan ini merupakan bentuk persahabatan kedua negara, yang bersama-sama berkomitmen untuk melawan pandemi Covid-19.

“Kami segenap bangsa Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Republik Rakyat Tiongkok, karena telah mengirim bantuan kepada kami di tengah kondisi dunia sedang genting sepert saat ini,” ungkap Prabowo dalam menyampaikan sambutannya. “Bukan seberapa bantuan yang penting, tetapi perhatian, usaha, solidartias, itulah yang terpenting.”

Turut andil dalam memperlancar arus importasi barang dengan fasilitas Rush Handling, pihak Bea Cukai Soekarno-Hatta yang diwakili Pejabat Fungsional Peneliti Dokumen Tingkat Terampil (PDTT) hadir mengikuti proses seremoni sedari awal hingga penyelenggarannya usai. Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Finari Manan menyatakan, “perlu diketahui, terhadap importasi barang penanganan Covid-19, Kementerian Keuangan melalui Bea Cukai telah memberikan fasilitas fiskal berupa pembebasan bea masuk dan pajak impor. Selain itu, khusus di Bea Cukai Soekarno-Hatta pun dibentuk tim liaison officer yang mengasistensi importir barang penanganan Covid-19 dengan respon cepat, dimulai dari saat pengurusan administrasi perizinan hingga barang keluar untuk dipakai.”

Acara seremoni dilanjutkan dengan penyerahan simbolis bantuan alat kesehatan oleh Prabowo yang diberikan kepada Kepala Pusat Kesehatan TNI, Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat, Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Laut, Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Udara, dan Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

“Adapun bantuan alat kesehatan tersebut, antara lain Disposable Medical Mask, Medical Surgical Mask, KN95 Respirator dan Surgical Mask-cone, Medical Goggles, dan Disposable Medical Protective Screen, serta alat kesehatan pendukung lainnya. Nantinya, keseluruhan alat kesehatan ini akan disalurkan ke seluruh rumah sakit rujukan penanganan Covid-19,” pungkas Finari.