Jalin Silaturahmi di Tengah Pandemi, Bea Cukai Adakan Konferensi Pasca Idulfitri

27 Mei 2020  |  16:04 WIB
Share this post :
Jalin Silaturahmi di Tengah Pandemi, Bea Cukai Adakan Konferensi Pasca Idulfitri

Bisnis.com, JAKARTA – Pasca Hari Raya Idulfitri, Bea Cukai di berbagai daerah menyelenggarakan pertemuan dalam rangka halal bi halal sekaligus koordinasi terkait pelaksanaan tugas. Guna tetap melaksanakan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, pertemuan diadakan secara online melalui aplikasi teleconference.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat mengungkapkan bahwa pertemuan melalui teleconference ini merupakan upaya yang terus dijalankan tidak hanya untuk menjalin silaturahmi namun untuk meningkatkan koordinasi. “Dikarenakan pandemi Covid-19 yang tengah melanda kami harus tetap mencari cara agar pelaksanaan tugas tetap berjalan dengan lancar, sehingga untuk koordinasi kami lakukan melalui teleconference.”

Syarif menambahkan dalam kesempatan kali ini setidaknya ada beberapa Kantor Wilayah Bea Cukai dan Kantor Pelayanan Bea Cukai yang telah menyelenggarakan silaturahmi online antara lain Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah, Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, serta beberapa Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah.

Selain mengadakan pertemuan secara mandiri, Bea Cukai juga ikut bergabung dalam silaturahmi online yang diadakan Kementerian Keuangan pada Senin (25/05). Dalam kesempatan tersebut, Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengungkapkan, “Anda semua masih akan menghadapi tantangan yang panjang, saya minta anda bersama seluruh jajaran dengan semangat persaudaraan sebangsa tanah air dalam kondisi COVID-19 ini jalankan kewajiban dengan ikhtiar sebagai amalan anda.”

Bea Cukai Maumere yang mendapat kesempatan berinteraksi langsung dengan Menteri Keuangan mengungkapkan bahwa pelaksanaan tugas dan fungsi di sana tetap berjalan lancar. Sementara itu Sri Mulyani berpesan untuk tetap saling menjaga satu sama lain agar tetap dalam kondisi sehat.

Pada, Selasa (26/05), Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi juga menyapa langsung para pegawai di berbagai daerah melalui teleconference. Dirinya mengungkapkan, kepada seluruh pegawai Bea Cukai yang tidak bisa pulang ke kampung halaman agar menjadikan satu lingkungan kerja itu sebagai satu keluarga baik dalam tugas maupun tidak agar dapat sedikit mengobati rasa rindu terhadap keluarga di rumah.

Heru Pambudi juga menitipkan pesan kepada seluruh generasi muda di Bea Cukai. "Saya bangga kepada kalian, dan kalian harus bangga bisa melihat indonesia dari berbagai penjuru. Tidak ada yang mengatakan bahwa ditempatkan di satu titik lebih balik dari yang lainnya. Karena di mana kalian ditempatkan itu menjadi jalan pengalaman dan karir kalian dimulai. Pastinya masing-masing titik itu mempunyai kelebihan dan kekurangan," ujar Heru.

Di ujung timur Indonesia, Bea Cukai Wilayah Khusus Papua juga mengadakan teleconference pada Selasa (26/05). Kepala Kantor Bea Cukai Wilayah Khusus Papua, Achmad Rofiq menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajarannya di wilayah papua atas kinerja yang sangat baik dalam melakukan pengawasan dan pelayanan meski tidak dapat berkumpul bersama keluarga saat Idulfitri.

Secara khusus Achmad berpesan kepada para pegawai yang bertugas di perbatasan negara di PLBN Skouw Jayapura dan PLBN Sota Merauke serta Kapal Patroli Bea dan Cukai Sorong agar selalu menjaga kesehatan, meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pengawasan secara rutin serta  berkoordinasi dengan institusi pemerintah lainnya.

Tidak ketinggalan Bea Cukai Wilayah Jawa Tengah dan DIY juga mengadakan pertemuan online di hari yang sama. Kepala Kantor Bea Cukai Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto menyampaikan bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19 akan ada era baru dan kita harus siap menghadapinya.

“Dalam menghadapi Covid-19 ini kita harus naik tingkat, lebih baik dari sebelumnya. Dalam kapasitas saya sebagai pimpinan instansi, saya mengharapkan perubahan signifikan dari seluruh jajaran dalam menghadapi era new normal,” ujarnya. Lebih lanjut, secara spesifik Tri meminta seluruh jajaran agar meningkatkan kebersamaan. “Jangan sampai karena Covid-19 ini kita menjadi semakin renggang. Saya ingin seluruh jajaran meningkatkan semangat kebersamaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bea Cukai Wilayah Jawa Barat yang dipimpin langsung Saipullah Nasution juga mengadakan pertemuan serupa. Saipullah mengungkapkan, “Menteri Keuangan menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bea Cukai, bahwa dengan kondisi ini kinerja, integritas, dan dedikasi tidak berkurang,” ungkap Saipullah N. Beliau berpesan agar kita senantiasa berperan aktif dalam memberikan solusi terbaik untuk menghadapi situasi ini.

Pada Rabu (27/05), Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan juga mengadakan silaturahmi online. Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel Parjiya, mengimbau kepada jajarannya untuk tetap semangat untuk saling menciptakan suasana senyaman mungkin dengan terus mempersiapkan diri dan mental untuk memasuki kehidupan "new normal". Beberapa protokol dalam menjalaninya diharapkan akan terus mampu untuk tetap maksimal memberikan kontribusi terbaik bagi yang bekerja di kantor ataupun di lapangan.

Parjiya juga menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh jajaran satker dimana berdasarkan rapat bersama Dirjen kemarin, meski di masa pandemi ini tetap melakukan banyak penindakan rokok ilegal. "Saya berharap tetap perkuat dan perketat kekuatan inteligen masing masing dan komunikasikan terus dengan atasan langsung guna mendapatkan eksekusi penindakan yang tepat sasaran" ujarnya.

Parjiya juga menyampaikan perlunya saling menguatkan, saling memotivasi dan menginspirasi serta berempati dalam situasi yang tidak menentu saat ini. "Pada momen yang berbahagia ini, melalui halal bihalal daring ini, semoga bisa terus saling mengisi dan menginspirasi guna sama sama melalui pandei ini. Diharapkan, melalui silaturahmi Idulfitri ini sama sama saling mengingatkan, menguatkan agar bisa lebih semakin sabar, disiplin, dan tentunya tetap bekerja keras guna mendukung terwujudnya Bea Cukai Makin Baik,” pungkas Parjiya.