Bea Cukai Maumere Pantau Geliat Ekspor Wilayah Flores di Tengah Pandemi

28 Mei 2020  |  16:49 WIB
Share this post :
Bea Cukai Maumere Pantau Geliat Ekspor Wilayah Flores di Tengah Pandemi

Bisnis.com, MAUMERE, 28-05-2020 – Di tengah pandemi Covid-19, geliat ekspor di wilayah Flores, khususnya Maumere seakan tak meredup. Hal ini dibuktikan dengan tetap aktifnya Bea Cukai Maumere mengasistensi eksportir untuk terus berkembang.

Diakui Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo, sebagai instansi yang memiliki fungsi industrial assistance, Bea Cukai Maumere bersinergi dan terus berusaha merealisasikan potensi-potensi ekspor yang ada.

“Salah satu bentuk sinergi kami dengan eksportir adalah hari ini, Senin (15/05) kami berkunjung ke PT Karya Cipta Buana Sentosa (PT KCBS) untuk melihat langsung kondisi kegiatan ekspor perusahaan di saat pandemi. Kami mengapresiasi dan memberikan dukungan terhadap kegiatan ekspor yang telah dilakukan, walaupun dalam kondisi sulit ini,” ujar Tommy.

Tak hanya meninjau jalannya ekspor, Tommy yang didampingi Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis Bea Cukai Maumere, Joppy Teja Sentana juga melakukan diskusi dan menyampaikan informasi mengenai fasilitas kepabeanan yang dapat dimanfaatkan perusahaan di dalam mendukung kegiatan ekspor.

Ia menjelaskan, Bea Cukai telah mengeluarkan berbagai kebijakan konkrit yang dapat membantu menggairahkan ekspor di Indonesia berupa kebijakan fiskal yang meniadakan pungutan perpajakan pada industri yang mengolah barang untuk tujuan ekspor.

Harapannya dengan dihilangkannya pungutan perpajakan akan menimbulkan multiplier effect berupa peningkatan investasi, peningkatan ekspor, maupun terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat yang ujungnya tentunya adalah peningkatan ekonomi nasional.

Berbagai skema kemudahan fiskal yang telah diberikan tersebut di antaranya adalah kawasan berikat dan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) untuk perusahaan industri serta pusat logistik berikat untuk supply bahan baku kepada perusahaan industri.

Bea Cukai Maumere pun komit memberikan pelayanan terbaik dengan menyajikan kemudahan informasi kepabeanan dan asistensi ekspor.

“Manajemen perusahaan dapat segera menghubungi Bea Cukai Maumere jika menemui kendala atau permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan ekspornya, terutama tekait kepabeanan,” katanya.

Ia berharap semoga ke depannya Bea Cukai Maumere dapat bekerja sama dengan eksportir dan pihak-pihak terkait lainnya untuk meningkatkan kegiatan ekspor di wilayah Flores, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya bagi masyarakat Flores.