Pelayanan Ekspor di Perbatasan Indonesia-Timor Leste Kembali Beroperasi

29 Juni 2020  |  19:30 WIB
Share this post :
Pelayanan Ekspor di Perbatasan Indonesia-Timor Leste Kembali Beroperasi

Bisnis.com, ATAMBUA – Menyongsong era new normal sekaligus memasuki masa pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai Atambua tetap memberikan pelayanan prima terhadap aktivitas ekonomi masyarakat di perbatasan.

Sejak Rabu (24/6), aktivitas pelayanan ekspor di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, PLBN Motamasin dan PLBN Wini kembali beroperasi.

Kepala Kantor Bea Cukai Atambua, Tribuana Wetangterah menyampaikan pembatasan perlintasan orang dan barang dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan sejak bulan April 2020.

Pengecualian diberikan terhadap kegiatan ekspor dan perlintasan warga negara Timor Leste yang akan kembali ke negaranya dan WNI yang akan kembali ke Indonesia yang aksesnya hanya dibuka setiap hari Rabu.

Tribuana mengungkapkan penutupan perbatasan oleh Timor Leste pada minggu lalu mengakibatkan penumpukan kegiatan ekspor pada minggu ini. Terlihat dari panjangnya antrian truk-truk ekspor yang menuju ke Timor Leste di pos pelayanan Bea Cukai pada setiap PLBN.

“Pelayanan ekspor tersebut merupakan wujud nyata dukungan dan partisipasi aktif Bea Cukai dalam rangka pengembangan ekonomi kawasan khususnya perbatasan,” ujarnya.

Dengan dibukanya kembali gerbang perbatasan untuk kegiatan ekspor, diharapkan dapat meningkatkan pembangunan ekonomi di kawasan perbatasan negara dapat meningkat untuk mewujudkan Indonesia Maju.