Bea Cukai Bogor Bantu Korban Banjir Bandang di Sukabumi

30 September 2020  |  16:06 WIB
Share this post :
Bea Cukai Bogor Bantu Korban Banjir Bandang di Sukabumi

Bisnis.com, BOGOR – Bea Cukai Bogor serahkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir bandang yang terjadi di Sukabumi. Penyerahan bantuan kemanusiaan tersebut diserahkan langsung oleh para pegawai Bea Cukai Bogor melalui perwakilan perangkat desa setempat, Jumat (25/09), di Kampung Cibuntu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Bantuan berupa sembako dan uang tunai tersebut telah diserahkan kepada para korban melalui posko yang bertempat di Masjid Al Ikhlas.

Kepala Subseksi Intelijen Bea Cukai Bogor, Andi Wahyudi mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan donasi pegawai yang telah dilakukan mulai 21-24 September 2020 atas kerja sama Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitussalam dan Koperasi Bea Cukai Bogor.

Ia pun menceritakan perjalanan tim ke Kampung Cibuntu, “Kami mendatangi lokasi kejadian untuk mengetahui dampak yang terjadi akibat banjir bandang. Bersama Ketua RW setempat, Bapak Ace, tim diajak menyusuri puing-puing pasca banjir yang menerjang pada tanggal 21 September 2020,” katanya.

Menurut Andi, berdasarkan laporan kejadian yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, penyebab banjir adalah hujan dengan intensitas tinggi di daerah hulu sekitar Gunung Salak kemudian meluap sepanjang aliran sungai cicatih-cipeuncit dengan ketinggian air 5-6 meter.

Data BPBD terkini, hingga tanggal 25 September 2020 pukul 08.00 WIB, peristiwa tersebut telah berdampak pada 284 kepala keluarga atau 939 jiwa. Tiga orang yang hanyut terbawa arus telah ditemukan meninggal dunia.

Sedikitnya 283 unit rumah yang tersebar di 12 desa terdampak, dengan rincian 82 unit rumah rusak berat (RB), 50 rusak sedang (RS) dan 151 rusak ringan (RR) yang disusul dengan kerusakan pada fasilitas lainnya seperti jembatan, bendungan, ruko, dan mushola.

“Sepanjang pemantauan kami, pembersihan material banjir dengan escavator dan dump truk masih berlanjut dan pendistribusian bantuan logistik masih terlihat dengan didirikan beberapa posko dan dapur umum di sejumlah titik. Kami mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah berpartisipasi menyisihkan sebagian rezekinya serta segenap tim yang telah sigap dalam penggalangan dana dalam kegiatan kemanusiaan ini demi meringankan beban sesama,” tutur Andi.