Di Tengah Pandemi, Bea Cukai Terus Gencarkan Pengawasan di Laut dan Darat

15 Oktober 2020  |  17:18 WIB
Share this post :
Di Tengah Pandemi, Bea Cukai Terus Gencarkan Pengawasan di Laut dan Darat

Bisnis.com, JAKARTA – Pengawasan yang dilakukan Bea Cukai sebagai upaya memberantas peredaran barang-barang ilegal dan melindungi masyarakat Indonesia dari bahaya barang tersebut terus dilakukan meskipun pandemi Covid-19 tengah melanda. Berbagai upaya pengawasan terus dilakukan Bea Cukai baik di darat maupun laut.

Pada Rabu (14/10), Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tanjung Priok menggelar apel pelepasan pelaksanaan operasi patroli laut. Menurut, kepala Seksi Nautika, Suprapto bahwa dalam situasi pandemi, Bea Cukai tetap akan memprioritaskan kondisi kesehatan dan keselamatan para awak kapal.

“Dengan gencarnya patroli laut yang Bea Cukai lakukan tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan diharapkan tidak pidana kepabeanan dan cukai di wilayah laut Indonesia dapat semakin diminimalisir,” ungkap Suprapto.

Sementara itu, pengawasan di darat dalam menekan peredaran rokok ilegal juga secara kontinyu dilakukan Bea Cukai. Pada Senin (12/10), Bea Cukai Gresik berhasil mengamankan 2.416 batang rokok ilegal.

“Rokok tersebut kami dapati tidak dilekati pita cukai dan dijual oleh pemilik toko di wilayah Sukodadi, Lamongan,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Gresik, Bier Budi Kismulyanto.

Meskipun jumlah dan nilai barangnya kecil, hal tersebut tidak lantas membuat Bea Cukai mengabaikan pelanggaran yang ada. “Di saat situasi pandemi seperti ini kami terus berupaya untuk memberantas peredaran rokok ilegal dengan harapan masyarakat dapat beralih ke produk rokok yang legal untuk dapat mendorong penerimaan negara,” pungkas Budi.