Bea Cukai Indonesia Pimpin Pelaksanaan Pertemuan Regional Asia/Pasifik

05 November 2021  |  16:25 WIB
Share this post :
Bea Cukai Indonesia Pimpin Pelaksanaan Pertemuan Regional Asia/Pasifik

Bisnis.com, JAKARTA - Bea Cukai Indonesia sebagai WCO Asia/Pacific Vice Chair periode tahun 2020-2022 menjadi tuan rumah penyelenggaraan 31st Regional Contact Point (RCP) Meeting, Selasa-Rabu, 2-3 November 2021. Tak terhalangi pandemi, pertemuan ini terlaksanakan secara virtual dengan dihadiri oleh 22 Customs Administration di Asia/Pasifik, WCO Director of Capacity Building, ROCB A/P, RILO A/P, serta WCO Regional Development Manager (RDM).

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani, dalam membuka pertemuan tersebut menyatakan, “Kepabeanan dunia saat ini memprioritaskan inisiatif yang memperkuat kemampuan organisasi untuk mendorong perubahan dalam kepemimpinan, budaya, dan pengalaman petugas. Melalui pertemuan ini, kami mengajak semua negara anggota untuk berbagi pengalaman dan bertukar pandangan”

Dipimpin oleh Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat, pertemuan ini membahas beberapa isu regional. Salah satunya terkait regional representative, regional entities, maupun berbagai usulan dalam pengembangan regional melalui Regional Strategic Plan 2022 – 2024. Pembahasan dilaksanakan dengan dua agenda utama yaitu penyampaian informasi, pencatatan dan persetujuan (Information, Noting and Endorsement) dan sharing session.

Hasilnya, beberapa agenda telah mendapatkan persetujuan untuk diajukan ke pertemuan tingkat Direktur Jenderal (RHCA Conference) guna mendapat pengesahan final, yakni antara lain ToR RILO Transition, Thai Customs Department Academy menjadi Regional Training Center (RTC), dan Republic of Iran Customs menjadi Regional Dog Training Center (RDTC).

Agenda sharing session sendiri menghadirkan Australia, Indonesia, Jepang, Korea dan Thailand dengan mengangkat berbagai topik yakni terkait kerja sama di lingkup regional, penggunaan teknologi VR pada pelatihan SDM, maupun implementasi Kemenkeu Corporate University yang disampaikan oleh perwakilan Indonesia.

Selain itu, Indonesia juga menyampaikan hasil pembukaan Expression of Interest (EOI) untuk WCO Asia Pacific Vice-Chair periode 2022 – 2024. Australia yang merupakan satu-satunya negara yang menyampaikan EOI, diperkenalkan sebagai calon tunggal Vice-Chair periode 2022 – 2024 pada pertemuan tersebut.

Apresiasi tinggi kemudian diberikan kepada Bea Cukai Indonesia atas keberhasilan dalam menyelenggarakana pertemuan ini di tengah situasi yang masih terdampak pandemi Covid-19. Sebagai Vice Chair, Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih atas komitmen yang kuat dan kontribusi aktif seluruh negara anggota. Harapannya, pertemuan ini mampu memperkuat kerjasama dan kolaborasi regional sesuai tagline “Echoing Asia Pacific".